Sabtu, 28 Maret 2020

Teknologi Chatbot


Pasti dari kalian tahu yang nama nya simi-simi dan pernah menggunakannya kan? Nah simsimi itu merupakan salah satu contoh chatbot. Chatbot adalah suatu aplikasi atau software yang telah di atur oleh sistem untuk menjawab suatu pertanyaan. Jadi nantinya bukan manusia lagi yang akan menjawab pertanyaan dalam suatu kolom question namun chatbot sendiri yang akan menjawabnya.

Kita akan mempelajari mengenai Chatbot lebih dalam.  

 Chatterbot (atau disebut juga Chatbot atau bots) adalah sebuah program yang dirancang sebagai layanan obrolan robot/tokoh virtual dengan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligent) yang menirukan manusia. Chatbot menjadi layanan obrolan yang sebenarnya menjadi fitur yang sudah sangat sering digunakan oleh masyarakat yang melek teknologi. Tapi bedanya dengan menggunakan Chatbot, yang membalas di dalam proses chatting itu adalah robot atau tokoh virtual.

 Pada dasarnya Chatbot bekerja dengan cara melihat kata kunci dalam data yang masuk dan membalasnya dengan kata kunci yang paling cocok, atau pola kata-kata yang paling mirip dari basis data tekstual. Artinya, jika pengguna mengirim suatu permintaan maka Chatbot akan membalasnya dengan respon yang spesifik sesuai dengan kata kunci yang dikirim. Sebagai contoh, misalnya pengguna mengirim atau mengetikkan suatu pertanyaan “Apakah produk yang anda jual masih ada?” maka dengan informasi yang sudah tersedia, Chatbot akan segera merespon sesuai dengan pertanyaan tersebut “Masih, silahkan diorder”. Disini anda hanya perlu memberikan perintah atau melakukan sebuah percakapan baik itu dalam bentuk teks maupun audio, dan Chatbot akan mencari data yang anda butuhkan sesuai dengan kata kunci yang anda berikan.

Chatbot sebagai inovasi terbaru di dunia teknologi masa kini mempunyai potensi yang sangat menjanjikan. Melihat potensi yang dimiliki oleh chatbot, perusahaan berbondong-bondong untuk menanamkan chatbot ke dalam platform masing-masing. Faktor pendorong chatbot hingga menjadi tren saat ini adalah kenaikan intensitas percakapan digital, dimana kegiatan komunikasi yang berbasis mobile atau layar desktop adalah hal yang lumrah untuk terjadi.

Chatbot bisa meningkatkan efisiensi perusahaan karena mampu melakukan tugas customer service. Biasanya ada 70 persen pertanyaan awal pelanggan selalu sama dan ini bisa dilakukan chatbot, saat ini pelanggan menginginkan solusi atau jawaban yang cepat, mudah dan sederhana ada dari smartphone mereka. Aplikasi chatbot pun mampu menjawab kebutuhan tersebut.

1. Lebih cepat dalam berinteraksi dengan konsumen
Kelebihan Chatbot yang pertama ini pasti banyak disenangi oleh para konsumen, karena saat konsumen mengajukan pertanyaan kepada Chatbot maka robot akan menjawab pertanyaan tersebut dengan cepat, tepat, dan tanpa bertele-tele.
2. Layanan 24 Jam
Chatbot ini dapat online selama 24 jam tanpa tidur, karena yang menjalankan sistem pada Chatbot adalah robot. Berbeda jika menggunakan manusia dalam urusan customer service, terkadang ada kendala pada khususnya jam kerja karena manusia tidak dapat online selama 24 jam untuk melayani customernya. Maka Chatbot lah solusi yang tepat untuk melayani customer kapan saja dan dimana saja.
Kelebihan Chatbot pasti sudah banyak dirasakan oleh para pebisnis. Karena dengan adanya teknologi Chatbot ini maka dalam urusan customer service menjadi sangat mudah. Berbeda jika mengandalkan manusia, pasti akan ada beberapa masalah yang dialami. Maka dari itu para pebisnis sangat dianjurkan menggunakan teknologi Chatbot ini, Salah satu Aplikasi yang menerapkan sistem Chatbot adalah Aplikasi Wabot.
Link PDF : http://www.mediafire.com/file/sgz1b8b9xhncpak/TEKNOLOGI_CHATBOT.pdf/file
Di baca juga artikel teman saya : ikhsan1410.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ASUS ROG Phone II

ASUS ROG Phone II merupakan smartphone gaming pertama di dunia yang mengusung Qualcomm Snapdragon 855 Plus Mobile Platform dengan CPU c...