Minggu, 26 Januari 2020

Penjelasan tentang realme 5

Penjelasan tentang hp realme 5



   Indonesia menjadi salah satu pasar smartphone yang menjajikan bagi vendor smartphone asal China. Realme, salah satu vendor smartphone pendatang baru di tanah air juga menikmati manisnya pasar smartphone di tanah air. Realme juga lebih gemar merilis smartphone untuk memenuhi kebutuhan pasar smartphone mid-range dan low-entry. Produk smartphone mid-range yang mereka tawarkan tidak kalah dengan smartphone dengan segmen pasar lebih mahal, karena dibesut dengan fitur terkini mengukuti perkembangan zaman. Salah satunya adaah Realme 5 dan Realme 5 Pro yang sama-sama mengusung quad kamera atau empat kamera di belakang punggungnya. Keduanya juga sama-sama memiliki baterai berkapasitas besar yang mampu memberikan pasokan tenaga hingga seharian. Namun yang akan kita dibicaran di sini adalah Realme 5, smartphone quad kamera dengan baterai berkapasitas besar 5.000 mAh yang lebih terjangkau dibandingkan Realme 5 Pro.

       Realme 5 meluncur di tanah air pada pertengahan September 2019 lalu. Uniknya, Realme 5 ini justru memiliki spesifikasi lebih tinggi untuk beberapa fiturnya dibandingkan dengan Realme 5 Pro yang dibesut dengan harga lebih mahal. Beberapa diantaranya seperti layar Realme 5 yang berukuran 6,5 inci dengan resolusi 1600 x 720 pixel. Selain itu smartphone quad kamera ini juga membawa baterai 5.000 mAh. Lebih besar dari varian Pro. Di sisi lain, Realme 5 masih menggunakan Micro USB 2.0, bukannya USB Type-C seperti milik Realme 5 Pro. Quad kameranya, masing-masing kamera utama 12MP, kamera ultrawide 8MP, kamera makro 2MP, dan kamera depth sensor 2MP.

Harga Realme 5
     Realme 5
- RAM 3 GB / Memori Internal 32 GB harga 9.999 rupee atau Rp 1,9 juta
- RAM 4 GB / Memori Internal 64 GB harga 10.999 atau Rp 2,1 juta
- RAM 4 GB / Memori Internal 128 GB harga 11.999 rupee atau Rp 2,4 juta

Kelebihan Realme 5:

1. Desain dan Build Quality yang Bagus


Realme 5 memiliki bobot 198 gram dengan dimensi 164.4 x 75.6 x 9.3 mm. HP ini memiliki desain dan rancang bangun yang bagus. Desainnya malah terbilang oke untuk HP sekelasnya. Hal ini terlihat dari pola desain HP ini yang kini terlihat pola kristal, bukan diamond cut seperti yang ada di Realme 3. Bodi HP ini sendiri hadir dengan desain bodi polikarbonat dengan punggung plastik yang dilaminasi. Meskipun berdesain polikarbonat, tetapi rancang bangun desain HP ini tergolong bagus. 

2. Anti Cipratan Air

Salah satu keunggulan Realme 5 adalah ketahanan terhadap cipratan air. HP ini tidak memiliki sertifikasi IP rating tetapi pihak Realme mengklaim jika HP ini dibangun dengan  fitur perlindungan kelembaban multi-layer untuk slot SIM, celah, penutup baterai, dan lain-lain.

3. Daya Tahan Baterai yang Lama


Realme 5 dibekali dengan kapasitas baterai yang besar, 5.000 mAh. Kapasitas baterai ini jelas tergolong besar dan membuat HP ini memiliki daya tahan baterai yang baik. Berdasarkan pengalaman penggunaan AndroidAuthority, baterai pada Realme 5 ini dapat bertahan sampai dua harian.

4. Performa Prosesor yang Efisien

Realme 5 dibekali dengan chipset Snapdragon 665, yang merupakan penerus dari Snapdragon 660. Chipset Snapdragon 665 ini memiliki delapan prosesor alias octa core dengan rincian Kryo 260 Gold quad core 2.0 GHz untuk performa dan Kryo 260 Silver quad core 1.8 GHz  untuk efisiensi daya. Sementara untuk pengolah grafisnya, tersemat GPU Adreno 610.

Kekurangan Realme 5:

1. Kamera Low-Light Kurang Memuaskan

2. Tidak Mendukung Fast Charging

3. Layar Masih HD+

4. Tidak Memakai USB Type-C


Kesimpulan :

    5 bukanlah HP yang jelek. HP ini terasa istimewa meski ada beberapa kekurangan tersendiri. Namun, kekurangan yang ada masih bisa dimaklumi jika menilik keunggulan yang ditawarkan HP ini seperti build quality yang bagus, desain yang cantik, daya tahan baterai yang awet, sampai kamera yang masih oke untuk menangkap di kondisi cahaya terang.
Realme 5 masih punya kekurangan. Kemampuan kamera untuk kondisi low-light masih mengecewakan tetapi hal ini bisa diperbaiki dengan pembaruan sistem atau penambahan fitur di kameranya. Performa prosesor dari Snapdragon 665 jelas tidak memiliki peningkatan yang signifikan tetapi cukup oke untuk gaming dan pengaruh terhadap efisiensi daya.
Ini file PDF nya : Disini

1 komentar:

  1. baca juga artikel saya https://haris150503.blogspot.com/2019/02/komponen-komponen-cpu-1.html

    BalasHapus

ASUS ROG Phone II

ASUS ROG Phone II merupakan smartphone gaming pertama di dunia yang mengusung Qualcomm Snapdragon 855 Plus Mobile Platform dengan CPU c...